Explore Bandung Barat / Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha



Description

Observatorium Bosscha merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan alam semesta. Pembangunannya dimulai sejak tahun 1923 sampai dengan tahun 1928 pada masa kolonial Belanda. Karena itu, Bosscha dinobatkan sebagai observatorium bintang tertua di Indonesia.

Arsitektur bangunan Bosscha bergaya Eropa dengan atap setengah lingkaran. Meski telah berumur lebih dari 90 tahun, eksteriornya masih tampak sempurna. Gedung ini juga terlihat kuat dan kokoh. Renovasi tempat ini pernah dilakukan sekali manakala perang dunia ke-2 sedang berkecamuk.

Observatorium Bosscha memiliki beberapa teleskop, antara lain, Refraktor Ganda Zeiss, Schmidt Bimasakti, Refraktor Bamberg, Cassegrain GOTO, dan Teleskop Surya. Refraktor Ganda Zeiss adalah jenis teleskop terbesar untuk meneropong bintang. Benda ini diletakkan pada atap kubah sehingga saat teropong digunakan, atap tersebut harus dibuka.

Observatorium Bosscha boleh dikunjungi oleh siapa pun, tanpa tiket. Namun, bagi yang ingin menggunakan teleskop Zeiss, wajib mendaftarkan diri. Untuk instansi atau lembaga pendidikan, diberikan jadwal hari Selasa sampai Jumat. Sementara itu, kunjungan individu dibuka setiap hari Sabtu.

Address

Jalan Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kota Bandung, Jawa Barat

On The Map

Another Attraction Nearby